Pansus Bakal Evaluasi Kinerja KPU & Bawaslu - Abdinews.com

728x90 AdSpace

Trending
Rabu, 01 Agustus 2018

Pansus Bakal Evaluasi Kinerja KPU & Bawaslu

Bandarlampung - Pansus Money Politik DPRD Lampung tengah mempertimbangkan untuk mengevaluasi kinerja KPU dan Bawaslu Lampung. Hal tersebut terkait pertanggungjawaban penggunaan anggaran penyelenggara dan pengawasan pemilu tersebut selama Pilgub Lampung 2018.

Ketua Pansus Money Politik DPRD Lampung, Mingrum Gumay mengatakan, pihaknya menjadwalkan mengundang kembali KPU, Bawaslu, dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Lampung untuk hearing bersama pansus pada Jumat (10/8) mendatang.

"Kita (pansus money politik, red) akan membahas masalah beberapa persoalan yang berkaitan sistem dan mekanisme, kinerja yang difasilitasi melalui keuangan DPRD Lampung, " jelasnya diruang kerjanya, Rabu (1/8).

Menurutnya, pembahasan tersebut sesuai dengan tugas dan fungsi pokok DPRD yang dalam hal ini pansus mendapatkan tugas untuk membahas permasalahan tersebut.

Selain itu, masih kata dia, pansus juga berkewajiban mempertanyakan persoalan tersebut meskipun hal tersebut merupakan domain Dewan Kehormatan Penyelenggara Pilkada.

"Ini kan pertanggungjawaban terhadap publik. Dan agar juga bahwa pihak lembaga penyelenggara dan pengawasan ini bisa dipertanggungjawabkan dalam hak menggunakan anggarannya, " tegasnya.

Untuk itu, Anggota Fraksi PDIP DPRD Lampung meminta kepada KPU dan Bawaslu Lampung itu transparan dalam penggunaan anggaran selama masa Pilgub Lampung.

"Dan bagaimana pelaksanaannya? makanya harus disampaikan secara terbuka dan jujur, apakah ada hambatan, adakah kendala. Karena ini menyangkut integritas, dan mereka terikat dalam janji jabatan mereka sebagai anggota KPU dan Bawaslu, " ungkapnya.

Anggota Komisi II DPRD Lampung ini juga akan mempelajari lebih lanjut apakah ada dugaan KPU dan Bawaslu Lampung telah melanggar aturan yang mengatur tentang penggunaan anggaran yang difasilitasi melalui keuangan DPRD.

"Ya nanti kita akan lihat program-program pemerintah yang mengatur keuangan dan aturan yang mengatur tentang penggunaan keuangan. Dan ini nanti kita akan lihat dan kita diskusikan kepada kawan (KPU dan Bawaslu, red), " terangnya.

Lebih lanjut, Sekretaris DPD PDIP Lampung ini menyampaikan bahwa pihaknya telah mengundang BPK RI untuk hearing bersama membahas terkait permadalahn tersebut.

"Kita juga sudah mengundang BPK RI, dan jika memang ada perosalan tidak menutup kemungkinan akan ada audit, tapi kita serahkan kepada BPK RU, jadi tidak perlu ada yang ditutupi, " paparnya.

Kendati demikian, dirinya berharap KPU dan Bawaslu Provinsi Lampung bekerja secara profesional tanpa ada intervensi dari manapun.

"Tapi jika ini nantinya dinilai ada tindak kejahatan maka kita akan bawa ke KPK persoalan ini, " tukasnya. (Cah).

Pansus Bakal Evaluasi Kinerja KPU & Bawaslu Reviewed by abdinews com on Agustus 01, 2018 Rating: 5 Bandarlampung - Pansus Money Politik DPRD Lampung tengah mempertimbangkan untuk mengevaluasi kinerja KPU dan Bawaslu Lampung. Hal tersebut t...

Tidak ada komentar: