Bacaleg Golkar Diminta Lengkapi Berkas Pencalonan - Abdinews.com

728x90 AdSpace

Trending
Senin, 27 Agustus 2018

Bacaleg Golkar Diminta Lengkapi Berkas Pencalonan

Bandarlampung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung meminta bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Golkar Achmad Junaidi Sunardi (AJS) untuk melengkapi dokumen berkas pencalonannya. Pasalnya, AJS terbukti pernah terlibat permasalahan hukum, yakni kasus penggelapan.

Hal tersebut setelah dilakukannya klarifikasi oleh KPU Provinsi Lampung terhadap DPD I Partai Golkar Lampung. Proses klarifikasi itu berlangsung tertutup di Aula KPU Provinsi Lampung, Senin (27/8). Proses klarifikasi dihadiri oleh Sekretaris DPD I Golkar Lampung Supriyadi Hamzah, Wakil Ketua Korbid Kepartaian I Made Bagiasa, Achmad Junaidi Sunardi selaku bacaleg dari Dapil VII (Lampung Tengah) dan jajaran pengurus partai.

Komisioner KPU Provinsi Lampung, Tio Aliansyah mengatakan, pihaknya telah melakukan klarifikasi terhadap DPD I Partai Golkar terkait kasus yang menjerat bacalegnya AJS. Hasil klarifikasi tersebut, lanjut Tio, ternyata AJS pernah terlibat kasus penggelapan.

"DPD I Partai Golkar Lampung hadir untuk klarifikasi dan konsultasi terkait status bacaleg atas nama AJS. Tadi AJS juga hadir, hasilnya ternyata yang bersangkutan terkena pidana dengan pasal 374 KUHP. Bukan pasal korupsi," terangnya saat ditemui diruang kerjanya, Senin, (27/8).

Kendati demikian, Tio mengatakan, kasus yang menjerat AJS itu tidak menghalanginya maju sebagai bacaleg. Karena, diluar dari mantan terpidana korupsi, bandar narkoba dan asusila terhadap anak, masih dapat mencalonkan diri.

Namun, menurut Tio, yang bersangkutan harus melengkapi empat syarat dokumen pencalonnya. Yakni surat keterangan dari kejaksaan, pengumuman di media massa bahwa pernah terlibat tindak pidana, surat pernyataan dari pemimpin redaksi tempat mengumumkan dan salinan putusan pengadilan.

"Itu kalau yang pernah divonis bersalah dengan masa hukuman percobaan atau tidak dipenjara. Kalau yang pernah dipenjara harus ada surat dari lapas (lembaga pemasyarakatan), selain itu sama semua," tuturnya.

Dia menyebutkan, persyaratan tersebut seharusnya dilengkapi tertanggal 31 Juli 2018 pukul 24.00 WIB. Akan tetapi, masih kata dia, terkait kasus AJS ini didapatnya berdasarkan informasi dari laporan masyarakat.

"Terkait hal itu kita sarankan untuk melengkapi persyaratan yang disebutkan tadi," ujarnya.

Lebih lanjut, KPU Lampung akan melakukan rapat pleno untuk menentukan apakah memenuhi syarat atau tidak pada 1 September mendatang.

"Kalau ternyata kita putuskan tidak memenuhi syarat, maka partai politik bisa mengajukan permohonan ke Bawaslu Provinsi Lampung," tukasnya.

Sementar itu, Sekretaris DPD I Partai Golkar Lampung, Supriyadi Hamzah membenarkan, jika bacalegnya AJS pernah terlibat kasus hukum, yakni penggelapan. Namun, kata dia, kasus itu tidak membuat bacalegnya dicoret dari daftar pencalonannya.

"Jadi kita hadir disini agar semua masalahnya clear, jadi ini kita melihatnya ada proses administrasi yang memang harus segera dibereskan agar semuanya gamblang, " jelasnya. (Cah).

Bacaleg Golkar Diminta Lengkapi Berkas Pencalonan Reviewed by abdinews com on Agustus 27, 2018 Rating: 5 Bandarlampung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung meminta bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Golkar Achmad Junaidi Sunardi (...

Tidak ada komentar: