3 Balon DPD RI Belum Serahkan Surat Mundur - Abdinews.com

728x90 AdSpace

Trending
Selasa, 28 Agustus 2018

3 Balon DPD RI Belum Serahkan Surat Mundur

Bandarlampung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung meminta kepada tiga bakal calon (balon) DPD RI untuk segera menyerahkan surat pernyataan mundur dari keanggotaan partai politik (parpol). Pasalnya, mereka bisa dinyatakan tidak memenuhi unsur (TMS) jika tidak menyerahkan surat yang dimaksud. Ketiga balon tersebut adalah A. Ben Bella dari Partai Gerindra, Taufik Hidayat dari Partai NasDem, dan Andi Surya dari Partai Hanura.

Komisioner KPU Provinsi Lampung, M. Tio Aliansyah mengatakan, dari 25 balon DPD RI terdapat enam balon yang berasal dari unsur parpol. Keenamnya adalah M. Alzier Dianis Thabranie dari Partai Golkar, Bustami Zainudin dari Partai PDIP, Abdul Hakim dari Partai PKS, A. Ben Bella dari Partai Gerindra, Taufik Hidayat dari Partai NasDem, dan Andi Surya dari Partai Hanura.

"Dari enam itu, baru tiga yang sudah menyerahkan surat pernyataan mundur dari parpol. Yakni M. Alzier Dianis Thabranie dari Partai Golkar, Bustami Zainudin dari Partai PDIP, dan Abdul Hakim dari Partai PKS, " terang Tio saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/8).

Mantan Ketua KPU Lampung Utara ini menyampaikan, bagi yang belum menyerahkan surat pernyataan mundur dari parpol diberikan kesempatan untuk menyerahkan suratnya paling lambat sehari sebelum pengumuman daftar calon sementara (DCS).

"Jadi surat itu harus diserahkan ke KPU Provinsi Lampung sehari sebelum pengumuman DCS. Dan DCS diumumkan itu paling lambat tanggal 30 Agustus, " jelas dia.

Selain surat pernyataan mundur, lanjut dia, enam balon DPD RI yang dimaksud juga harus menyerahkan Surat Keputusan (SK) terkait pengunduran diri yang bersangkutan dari masing-masing parpolnya.

Lebih lanjut, SK tersebut bisa diserahkannya nanti sehari sebelum pengumuman daftar calon tetap (DCT) anggota DPD RI dapil Lampung.

"Tapi ini juga wajib diserahkan. Jika tidak yang bersangkutan bisa dinyatakan gugur dan tidak dicantumkan dalam DCT, " jelasnya lagi.

Kendati demikian, balon DPD RI yang dinyatakan TMS atau tidak lolos baik di DCS maupun DCT masih bisa mengajukan sengketa ke Bawaslu Provinsi Lampung.

"Ini pun juga harus berdasarkan Perbawaslu ini pun juga harus diketahui oleh yang bersangkutan, " tukasnya.

Terpisah, balon DPD RI dapil Lampung, Andi Surya mengakui dirinya belum menyerahkan surat pernyataan mundur dari parpol.

Namun, dirinya akan segera menyerahkan surat pengunduran diri dari parpolnya pada Rabu besok (29/8).

Balon petahana DPD RI ini menklaim semua berkas persyaratan termasuk surat pernyataan mundur dari parpol sudah disiapkan semuanya tingal diserahkan saja.

"Berkas persyaratan sudah lengkap semua, termasuk surat pengunduran diri saya, tinggal diserahkan ke KPU saja. Insya allah besok siang akan saya serahkan ke KPU suratnya, " tukasnya. (Cah).

3 Balon DPD RI Belum Serahkan Surat Mundur Reviewed by abdinews com on Agustus 28, 2018 Rating: 5 Bandarlampung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung meminta kepada tiga bakal calon (balon) DPD RI untuk segera menyerahkan surat p...

Tidak ada komentar: