Tolak Laporan Dua Paslon Menangkan Arinal - Nunik - Abdinews.com

728x90 AdSpace

Trending
Kamis, 19 Juli 2018

Tolak Laporan Dua Paslon Menangkan Arinal - Nunik


//Ketua Bawaslu Ngaku Tak Ada Tekanan Putuskan Sidang TSM //

BANDARLAMPUNG -  Majelis Hakim Bawaslu Lampung akhirnya memutuskan pasangan calon (paslon) gubernr-wakil gubernur nomor urut tiga Arinal-Nunik tidak terbukti melakukan politik uang secara terstruktur, sistematis dan massif (TSM).  Melalui sidang terpisah, Bawaslu menolak laporan paslon satu Ridho-Bachtiar dan paslon dua Herman HN –Sutono.

Majelis yang diketuai Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah dengan dua anggota, Adek Asyari dan Iskardo P Panggar itu menolak laporan paslon Rodho-Bahctiar dan paslon 2 Herman HN-Sutono. Sidang yang dimulai pukul 10.16 WIB dan terbuka untuk umum tersebut dalam penjagaan ketat jajaran kepolisian.

 Fatikhatul menyatakan laporan pelapor satu tidak terbukti memenuhi unsur, pelapor tidak dapat membuktikan secara terstruktur, sistematis, dan massif (TSM). "Tidak terbukti secara sah dan meyakinkan terlapor terbukti melakukan pemberian uang secara terstruktur, sistematis, dan masif. Maka laporan pelapor ditolak dan terlapor dinyatakan tidak terbukti memenuhi melakukan tindakan pemberian uang secara terstruktur, sistematis, dan masif," ucap Fatikhatul.

Sementara itu, di sidang berikutnya majelis juga memutuskan laporan paslon nomor dua  Herman HN - Sutono  terhadap dugaan politik uang yang dilakukan Arinal - Nunik  tidak memenuhi syarat. Alasannya, dalam fakta-fakta persidangan, pelapor dua tidak dapat membuktikan adanya pelanggaran politik uang yang dilakukan pasangan calon gubernur nomor urut tiga.

Khoir sapaan akrabnya mengatakan, berdasarkan fakta persidangan, majelis pemeriksa tidak menemukan adanya pelanggaran politik uang secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM). Karena itu, majelis pemeriksa juga menyatakan bahwa laporan dari pelapor dua tidak terbukti adanyan pelanggaran politik uang, yang dilakukan Arinal - Nunik.

"Pasangan Arinal - Chusnunia tidak terbukti secara sah dan meyakinkan, menjanjikan dan memberikan uang untuk mempengaruhi penyelenggaran pemilihan atau pemilih pada Pilgub 2018," terang Khoir seraya melanjutkan  bawa dengan demikian, sidang putusan terkait pelanggaran administrasi TSM dalam Pilgub Lampung telah selesai.

Usai membacakan putusan, Khoir mengatakan dalam pengambilan putusan, Majelis Pemeriksa Bawaslu Lampung tidak mendapatkan paksaan dari pihak mana pun. Khoir mengatakan, pengambilan putusan sidang didasari dengan semua aturan yang ada. "Alhamdulillah tidak ada tekanan. Kita profesional, semua disandarkan dengan aturan-aturan yang ada," jelas Khoir, usai sidang di Kantor Sentra Gakkumdu Lampung, Kamis (19/7).

Dia mengatakan, jika pelapor masih ada yang keberatan, maka dapat diajukan ke Bawaslu RI, maksimal tiga hari pasca salinan putusan diterima. "Silahkan pelapor kalau ada yang mau mengajukan keberatan ke Bawaslu RI," jelasnya.

Terkait maraknya aksi demo, menurut dia, hal itu hanyalah bagian dari dinamika demokrasi saja. Dia pun mengajak kepada semua pihak untuk saling menghormati dan menghargai. "Silahkan teman-teman menyuarakan aspirasinya. Kita juga melakukan sesuai dengan aturan yang ada," terangnya. (cah)


Tolak Laporan Dua Paslon Menangkan Arinal - Nunik Reviewed by abdinews com on Juli 19, 2018 Rating: 5 //Ketua Bawaslu Ngaku Tak Ada Tekanan Putuskan Sidang TSM // BAND A RLAMPUNG  -   Majelis Hakim Bawaslu Lampung akhirnya memutuskan pasang...

Tidak ada komentar: