Timsel Klaim Proses Seleksi Ikuti Prosedur - Abdinews.com

728x90 AdSpace

Trending
Minggu, 15 Juli 2018

Timsel Klaim Proses Seleksi Ikuti Prosedur

Bandarlampung - Timsel calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota, Bayu Sujatmiko mengklaim bahwa proses penyeleksian berkas calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota telah mengikuti peraturan yang ada. Hal tersebut menyusul adanya dugaan Timsel tidak transparan dan tidak kredibel dalam proses penyeleksian berkas calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota.

"Pada dasarnya kita tim seleksi dalam bekerja telah mengikuti pedoman undang-undang dan peraturan Bawaslu, " ujarnya saat ditemui di Laboratorium TIK Unila, Minggu (15/7).

Kandati demikian, dirinya mengakui ada beberapa pihak yang tidak menerima atas proses penyeleksian yang telah dilaksanakan oleh Timsel calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota.

"Iya memang ada beberapa pihak di daerah yang tidak terima atas hasil seleksi berkas yang telah kita lakukan bahkan ada yang melakukan somasi, " ungkapnya.

Namun, menurutnya, hal tersebut sah-sah saja dilakukan oleh para pendaftar.

"Kita malah memberikan waktu kepada mereka untuk melakukan klarifikasi dan akhirnya semua bisa diselesaikan saat klarifikasi, " ucapnya.

Disampaikannya, Timsel dalam proses penilaian melakukan scoring kepada semua calon yang kira-kira masuk dalam kriteria calon anggota Bawaslu. Lanjutnya, adapun yang dinilai adalah pengalaman kepemiluan, pendidikan, dan karya ilmiah.

"Jadi jika pengalaman kepemiluannya kecil, pendidikannya rendah, dan tidak ada karya ilmiah baik lokal maupun nasional itu nilai scoringnya kecil, " tukasnya.

Diketahui sebelumnya, Proses penyeleksian berkas calon anggota Bawaslu 14 Kabupaten/kota se-Lampung patut dipertanyakan. Pasalnya, proses seleksi yang telah dilakukan masih menyisakan sejumlah kejanggalan, dan terkesan tidak transparan dan tidak kredible. Bahkan, kuat dugaan ketidaktransparan datang dari beberapa orang pendaftar yang dinyatakan tidak lulus seleksi berkas.

Salah satu seorang pendaftar seleksi calon anggota Bawaslu kabupaten Lampung Timur Arif Setiawan, pada saat mendatangi kantor pendaftaran Anggota Bawaslu mengungkapkan, adanya dugaan proses yang tidak transparan dan juga tidak konsisten dalam aturan.

Arif juga mengungkapkan, dalam tahapan seleksi administrasi, Timsel calon anggota Bawaslu terkesan tidak fair dan tidak transpararan juga sudah melampaui batas kewenangannya.

Arif mengaku dirinya dan beberapa peserta lain  dinyatakan lengkap administrasi, dibuktikan dengan adanya daftar isian berkas yang diberi tanda cheklist pada semua kolom persyaratan.

"Pada tahapan seleksi berkas ini dalam aturan dan Pedoman yang saya ketahui tugas dari Timsel adalah memeriksa keabsahan dan legalitas dari berkas para pendaftar setelah dinyatakan lengkap oleh Panitia tim seleksi, "terangnya. (cah/pung).


Timsel Klaim Proses Seleksi Ikuti Prosedur Reviewed by abdinews com on Juli 15, 2018 Rating: 5 Bandarlampung - Timsel calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota, Bayu Sujatmiko mengklaim bahwa proses penyeleksian berkas calon anggota Bawaslu...

Tidak ada komentar: