Seleksi Berkas Calon Anggota Bawaslu Disoal - Abdinews.com

728x90 AdSpace

Trending
Jumat, 13 Juli 2018

Seleksi Berkas Calon Anggota Bawaslu Disoal

Lampung Timur - Proses penyeleksian berkas calon anggota Bawaslu 14 Kabupaten/kota se-Lampung patut dipertanyakan. Pasalnya, proses seleksi yang telah dilakukan masih menyisakan sejumlah kejanggalan, dan terkesan tidak transparan dan tidak kredible. Bahkan, kuat dugaan ketidaktransparan datang dari beberapa orang pendaftar yang dinyatakan tidak lulus seleksi berkas.

Salah satu seorang pendaftar seleksi calon anggota Bawaslu kabupaten Lampung Timur Arif Setiawan, pada saat mendatangi kantor pendaftaran Anggota Bawaslu mengungkapkan, adanya dugaan proses yang tidak transparan dan juga tidak konsisten dalam aturan.

Arif juga mengungkapkan, dalam tahapan seleksi administrasi, Timsel calon anggota Bawaslu terkesan tidak fair dan tidak transpararan juga sudah melampaui batas kewenangannya.

Arif mengaku dirinya dan beberapa peserta lain  dinyatakan lengkap administrasi, dibuktikan dengan adanya daftar isian berkas yang diberi tanda cheklist pada semua kolom persyaratan.

"Pada tahapan seleksi berkas ini dalam aturan dan Pedoman yang saya ketahui tugas dari Timsel adalah memeriksa keabsahan dan legalitas dari berkas para pendaftar setelah dinyatakan lengkap oleh Panitia tim seleksi" ungkapnya kepada  Editor, Kamis (12/7/2018).

"Dalam penjelasan dari timsel yang kami terima, itu ternyata ada penilaian daftar riwayat hidup, dan kami bukan masuk dalam ranah seleksi berkas, dan harusnya pun jika memang ada penilaian tersebut Panitia tim seleksi harus memberitahukan dari awal syarat pendaftaran," ujarnya keras

Disamping itu, ia mengaku memiliki pengalaman pernah menjadi penyelenggara pemilu di tingkat kabupaten dan kecamatan, namun dinyatakan tidak lulus berkas.

"Saya juga melihat ada berkas yang lulus padahal mereka tidak pernah punya pengalaman di bidang kepemiluan, inikan yang disebut penilaian berkas oleh timsel juga menjadi tidak konsisten, " paparnya.

Menurutnya, seharusnya Timse tidak bertindak semaunya.

Untuk itu, dirinya akan mengawal permasalahan ini dan akan membuat somasi tidak percaya kepada tim seleksi Bawaslu Kabupaten Kota, Propinsi Lampung.

“Saya hargai proses yang telah dilakukan Timsel, tapi prosedur dan mekanisme tidak boleh terabaikan karena ini menyangkut integritas Timsel dalam melahirkan penyelenggara pemilu yang akuntabel, berkualitas dan profesional," tukasnya. (pung)

Seleksi Berkas Calon Anggota Bawaslu Disoal Reviewed by abdinews com on Juli 13, 2018 Rating: 5 Lampung Timur - Proses penyeleksian berkas calon anggota Bawaslu 14 Kabupaten/kota se-Lampung patut dipertanyakan. Pasalnya, proses seleksi ...

Tidak ada komentar: