PDIP Siapkan Pengganti Bustami - Abdinews.com

728x90 AdSpace

Trending
Selasa, 24 Juli 2018

PDIP Siapkan Pengganti Bustami

///Bamsur Bakal Rangkap Jabatan///

Bandarlampung - Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan pengurus partai politik (parpol) dilarang maju calon DPD RI membawa dampak dalam kepengurusan DPD PDIP Lampung. Pasalnya, partai berlambang banteng moncong putih itu bakal kehilangan salah satu pengurusnya.

Adalah Bustami Zainudin yang juga Wakil Ketua DPD PDIP Lampung Bidang Kaderisasi yang maju sebagai calon DPD RI Dapil Lampung. Beredar kabar, posisi Bustami Zainudin bakal diisi oleh Bambang Suryadi (Bamsur) sekaligus merangkap sebagai Wakil Ketua DPD PDIP Lampung Bidang Organisasi.

Menurut Wakil Ketua DPD PDIP Lampung Bidang Polhukam, Watoni Noerdin mengatakan pergantian kepengurusan di PDIP itu membutuhkan proses yang cukup lama. Karena, kata dia, PDIP memiliki proses dan mekanisme dalam pergantian kepengurusan.

"Dan atas kejadian ini, terkait Bustami mundur dari kepengurusan, besar kemungkinan penggantinya ditangkap oleh kepengurusan yang ada, " jelas Watoni diruang kerjanya, Selasa (24/7).

Namun, lanjut Watoni, DPD PDIP Lampung baru akan memplenokan terkait pergantian Bustami Zainudin yang maju menjadi calon anggota DPD RI itu pada Jumat (27/7) mendatang.

"Jadi Jumat nanti kita akan membahas terkait putusan MK dan DPD akan mengambil sikap, " ujarnya.

Dilain sisi, Ketua Fraksi PDIP DPRD Lampung ini mengaku kecewa atas kebijakan MK dengan mengeluarkan keputusan tersebut disaat proses pencalonan DPD RI.

"Seharusnya itu dilaksanakan sejak awal sebelum proses pencalonan MK sudah mengeluarkan keputusan itu, " ungkapnya.

Anggota Komisi IV DPRD Lampung itu juga meminta  MK dapat menjaga konsistensinya dalam menjaga tatanan proses hukum.

"Jadi jangan buat publik bingung atas keputusan ini. Karena atas putusan ini banyak yang dikorbankan, " ungkapnya lagi.

Dirinya menyarankan seharusnya keputusan itu dikeluarkan untuk diberlakukan pada pemilu berikutnya.

"Seharusnya MK mengeluarkan keputusan di era depan sehingga tidak merusak tatanan demokrasi yang sedang berjalan, " tandasnya.

Terpisah, Bustami Zainudin menyatakan mundur dari kepengurusan DPD PDIP Lampung. Hal tersebut menyusul adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan bahwa anggota Dewan Perwakilan Daerah sejak Pemilu 2019 dan pemilu-pemilu setelahnya tidak boleh diisi oleh pengurus partai politik.

"Kita tak bisa menghindari apa yang sudah menjadi keputusan MK, karena ini keputusan resmi lembaga. Dan kita siap melaksanakan putusan itu, artinya mundur dari kepengurusan partai, " terangnya saat ditemui di Posko Pemenangan Bustami Zainudin yang berada di Jalan Kayu Manis Way Halim Bandarlampung, Selasa (24/7).

Mantan Bupati Waykanan itu mengatakan, pencalonan dirinya sebagai calon anggota DPD RI itu pun merupakan atas perintah dan tugas partai.

"Oleh karenanya, partai pun (PDIP, red) pasti juga sudah mempertimbangkan atas kemunduran diri saya, " ungkapnya.

Menurutnya, untuk membesarkan partai tidak harus menjadi pengurus partai. Oleh karenanya, dirinya mengaku siap untuk mundur dari pengurus DPD PDIP Lampung.

"Soal tidak jadi pengurus saya no problem, karena saya ditugaskan oleh partai. Dan membesarkan partai tidak harus jadi pengurus partai, " terang dia.

Kendati demikian, dirinya baru akan mengajukan pengunduran diri secara tertulis setelah keluarnya PKPU baru yang mengatur calon anggota DPD RI harus bukan pengurus partai. "Untuk administrasinya kita masih menunggu PKPU-nya, " ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap DPD PDIP tetap konsisten dan solid dalam menyambut tahun politik 2019. "Dan saya harap yang menggantikan posisi saya nantinya adalah orang-orang yang kompeten, " tukasnya.  (Cah).

PDIP Siapkan Pengganti Bustami Reviewed by abdinews com on Juli 24, 2018 Rating: 5 ///Bamsur Bakal Rangkap Jabatan/// Bandarlampung - Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan pengurus partai politik (parpol) dilar...

Tidak ada komentar: