Pansus Diminta Panggil Barlian Mansyur - Abdinews.com

728x90 AdSpace

Trending
Selasa, 17 Juli 2018

Pansus Diminta Panggil Barlian Mansyur

Bandarlampung - Pansus anti money politik DPRD Lampung diminta untuk memanggil Barlian Mansyur terkait videonya yang beredar luas mengungkap dugaan money politic paslon Arinal - Nunik. Pasalnya, pengakuan pengurus Partai Golkar tersebut perlu dipertanggungjawabkan terkait kebenaranya.

Pengamat politik dan hukum Unila, Yusdianto mengatakan, DPRD Lampung melalui pansus money politicnya harus meminta keterangan dan mengkonfirmasi yang bersangkutan atas beredarnya video tersebut.

"Pansus saya rasa harus memanggil Barlian Mansyur dan meminta keterangan atas video ini. Apalagi ini disampaikan langsung oleh pengurus partai itu sendiri, " tukasnya.

Menurutnya, terkait beredarnya video pengakuan Barlian Mansyur menunjukkan kuat dugaan bahwa Arinal Djunaidi telah melakukan money politic. Terlebih, kata dia, pengakuan tersebut berasal dari pengurus Partai Golkar yang juga anggota Fraksi Partai Golkar DPRD kota Bandarlampung.

"Ya saya rasa begitu (kuat dugaan Arinal lakukan money politic), apabila yang diungkapkan itu (pengakuan Barlian Mansyur) adalah hal yang sebenarnya, ini mengindikasikan kuat bahwa Arinal telah melakukan money politic, " terangnya via ponsel, Selasa (17/7).

Selain itu, atas beredarnya video pengakuan Barlian Mansyur tersebut juga jelas menunjukkan kuat dugaan pimpinan PT Sugar Group Company (SGC) terlibat dalam money politic Arinal.

"Ya itu jelas, tapi ini kan baru pernyataan sepihak. Makanya harus ada keterangan juga dari pihak paslon 3 atas pernyatan itu, " jelasnya.

Untuk itu, dirinya berharap Bawaslu Lampung dapat meminta keterangan dari pihak yang bersangkutan untuk mengkonfirmasi terkait video yang telah beredar tersebut.

"Bawaslu harus memanggil, meminta keterangan yang bersangkutan (Barlian Mansyur, red) terus konfirmasi atas beredarnya video tersebut. Karena ungkapan dari barlian mansyur harus bisa dipertanggungjawabkan karena itu sudah diungkap didepan publik, " ungkapnya.

Lanjutnya, Bawaslu Lampung juga harus mempertimbangkan atas pengakuan Barlian Mansyur sebelum mengambil keputusan terkait pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif (TSM).

"Artinya Bawaslu tidak boleh membiarkan apa yang berkembang di masyarakat, apalagi video pengakuan ini bisa menjadi bahan pertimbangan Bawaslu sebelum mengambil keputusan, " jelasnya.

Sebelumnya, Politisi Partai Golkar Lampung, Barlian Mansyur "blak-blakan" ungkap alur dugaan money politic Arinal - Nunik. Dalam video berdurasi 08 menit 51 detik itu, anggota DPRD Kota Bandarlampung mengungkap secara rinci runtut alur penyaluran uang dari Arinal Djunaidi sampai ke Pimpinan Kecamatan (PK) Partai Golkar Bandarlampung untuk pemenangan Arinal di Kota Tapis Berseri.

"Saya ingin menjelaskan bagaimana terjadinya money politik di provinsi Lampung khusunya di Bandarlampung, " ucap Barlian di video mengawali pembicaraan.

Dia mengatakan, pada saat yang lalu dirinya dipanggil ketua DPD Goklar kota Bandarlampung Yuhadi untuk menghadap  Arinal Djunaidi, dan dirinya lihat disana sudah ada 2 orang kepala desa atau lurah kalau di kota Bandarlampung.

Kemudian, lanjut dia, ada instruksi-intruksi yang disampaikan terkait dengan TPS-TPS yang ada disekitarnya agar jangan sampai kalah.

"Dan beliau, berapa kira-kira itu biayanya, dan itu yang menjawabnya bukannya saya tapi pak Yuhadi, okey siapkan itu jangan sampai kalah dibelakang rumah saya, nah itu pakai amplop, " terang Barlian Mansyur.

"Kemudian daripada itu setengah bulan secara intens mendekati bulan Ramadhan, " sambung dia.

Kemudian, setelah itu tanggal 24 atau H-2 jelang hari pencoblosan, dirinya kembali dipanggil melalui sambungan telepon oleh Ketua DPD Golkar Kota Bandarlampung Yuhadi untuk menghadap Arinal Djunaidi.

"Kemudian saya menghadap pada malam hari, apa yang dikatakan pak Arinal Djunaidi "nanti kamu Berlian," "siap ketua," saya tunggu kemudian dia menghampiri kami lalu mengatakan "apakah itu sudah siap disana itu," "sudah,"," jelas dia.

"Tapi artinya disitu saya tidak sendirian, disitu ada pimpinan kecamatan Labuhan Ratu, " timpal Barlian.

Setelah itu, dirinya diminta untuk menghubungi Muhidin yang juga pengurus Partai Golkar Lampung.

"Nah selanjutnya adalah "Berlian besok telepon Muhidin suruh dia temui Armen ambil uangnya,"dia katakan demikian, " ucap Barlian menirukan ucapan Arinal. (cah).

Pansus Diminta Panggil Barlian Mansyur Reviewed by abdinews com on Juli 17, 2018 Rating: 5 Bandarlampung - Pansus anti money politik DPRD Lampung diminta untuk memanggil Barlian Mansyur terkait videonya yang beredar luas mengungkap...

Tidak ada komentar: