Ketegasan PAN Diuji - Abdinews.com

728x90 AdSpace

Trending
Minggu, 29 Juli 2018

Ketegasan PAN Diuji

Bandarlampung - Peristiwa penangkapan Operasi Tangkap Tangan (OTT) Zainudin Hasan oleh KPK dinilai bakal menjadi dampak buruk bagi partainya. Pasalnya, Bupati Lampung Selatan (Lamsel) itu adalah pucuk pimpinan partainya, yakni sebagai Ketua DPW PAN Lampung.

Selain itu, pasca peristiwa tersebut kuat dugaan bakal berpengaruh pada perolehan suara PAN di Lampung pada 2019 mendatang. Bahkan, kuat dugaan juga bakal berpengaruh pada karir politik kakak kandungnya Zulkifli Hasan yang juga Ketua DPP PAN sekaligus Ketua MPR RI.

Pengamat politik Unila, Yusdianto mengungkapkan peristiwa penangkapan OTT Zainudin Hasan oleh KPK akan berdampak dalam karir politiknya.

"Bicara berakhir atau tidak? Tentu tidak berakhir. Hanya untuk atitude sebagai penyelenggara negara itu tidak memenuhi syarat lagi. Karena penyelenggara negara itu harus bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, " terang via ponsel, Minggu (29/7).

Kendati demikian, Yusdianto menyampaikan, apabila perkara tersebut sampai memutuskan Zainudin sebagai terdakwa tentunya bakal berdampak bagi dirinya, yakni pencopotan dari kepala daerah.

"Dan tentunya kita berharap partai juga demikian. Memiliki ketegasan dan perilaku yang sama. Disini nanti akan kita lihat, apakah partai itu melindungi kader yang korup atau melepas kader yang korup, " paparnya.

Yusdianto juga menyampaikan, atas kejadian OTT itu juga bakal berpengaruh dalam perolehan suara PAN Lampung pada pileg 2019.

"Tentu berpengaruh pastinya. Kita belajar dari Demokrat, pada pileg 2014 bukan menjadi partai pemenang. Itu dikarenakan pada 2014 banyak kader demokrat yang terjerat kasus hukum oleh KPK. Jadi dari kejadian ini cukup berpengaruh bagi PAN Lampung, " jelasnya.

Untuk itu, ketegasan partai PAN sangat diperlukan untuk memberikan sanksi kepada kadernya yang terjerat kasus dengan KPK.

"Saya menduga suara PAN akan turun, kecuali ada ketegasan dari PAN untuk memberantas kadernya yang terjerat kasus seperti ini, " ungkapnya.

Selain pengaruhi suara PAN, Yusdianto juga menduga, penangkapan OTT Zainudin bakal berpengaruh pada Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum PAN dan juga Ketua MPR RI.

"Tentu akan berpengaruh. Kecuali ada ketegasan dari beliau selaku Ketua Umum PAN untuk mengambil keputusan terkait kasus ini, " ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya juga sangat menyayangkan dan prihatin atas peristiwa penangkapan OTT Bupati Lamsel itu beberapa waktu lalu. Menurutnya, kegiatan sehari-hari yang ditunjukkan Zainudin dengan mengedepankan agamanya itu tidak berbanding lurus dengan perilakunya dalam mengambil kebijakan sebagai penyelenggara pemerintahan.

"Seharusnya kegiatan dan tindak tanduk sehari-harinya yang ditunjukkan ke masyarakat itu berkorelasi dengan perilaku yang harus dilakukan dalam mengambil keputusan dan kebijakan dalam pemerintahan, " ujarnya.

Untuk itu, dirinya menilai atas peristiwa tersebut bisa menjadi teguran bagi siapapun terutama para kepala daerah dalam mengambil kebijakan.

"Ini menjadi contoh buruk bagi yang melihatnya, dan ini menjadi pelajaran yang penting bagi penyelenggara pemerintahan atas sikap dan perilakunya, " tukasnya. (Cah).


Ketegasan PAN Diuji Reviewed by abdinews com on Juli 29, 2018 Rating: 5 Bandarlampung - Peristiwa penangkapan Operasi Tangkap Tangan (OTT) Zainudin Hasan oleh KPK dinilai bakal menjadi dampak buruk bagi partainya...

Tidak ada komentar: