Bertebaran Wartawan - Abdinews.com

728x90 AdSpace

Trending
Selasa, 17 Juli 2018

Bertebaran Wartawan


//Nanang Pastikan Coret Bacaleg Koruptor dan Narkoba//

BANDARLAMPUNG – Sederet akademisi dan tokoh media massa memastikan maju di pemilu legislatif (Pileg) 2019 memperebutkan 85 kursi DPRD Provinsi Lampung.  Mereka siap tarung melawan kader partai baik di internal parpol pengusungnya maupun kader parpol lain.
Penelusuran Koran Editor mengungkap sedikitnya ada tiga tokoh media massa yang membidik kursi DPRD Lampung melalui Pileg 2019.

Ketiganya, ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Supriyadi Alfian, Pemimpin Redaksi Harian Radar Lampung Wirahadikusuma dan Pemimpn Redaksi Kupastuntas Donal Haris Sihotang.

Ketua PWI Supriyadi maju lewat Partai Golkar sebagai caleg DPRD Provinsi Lampung diri daerah pemilihan (dapil) VI (Tulangbawang, Mesuji dan Tulangbawang Barat). Di dapil yang sama Pemred Radar Lampung Wirahadikusuma juga dipercaya Partai Demokrat mampu melenggang ke DPRD Lampung.

Di dapil VI ini Partai Amanat Nasional (PAN) juga mempercayakan mantan Pemred Radar Lampung yang juga mantan Sekretaris PWI Lampung, Suprapto kembali maju di Pileg 2019. Diketahui, Suprapto  yang kini anggota Komisi I DPRD Lampung adalah hasil Pileg 2014 dari dapil VI. Dia juga sebagai anggota legislatif PAN pertama dari  daerah pemilihan tersebut. Jadi untuk Pileg 2019 dapil VI akan menjadi ajang pertarungan sengit tokoh media massa.

Selanjutnya, Donal Haris Sihotang yang akrab disapa Hotang akan menjadi tokoh media massa sebagai wajah baru di dunia politik yang akan mewarnai kontestasi Pileg di dapil I (Bandarlampung). Hotang yang owner Koupas Tuntas itu maju melalui Partai Demokrat. Selain keempat caleg itu, di dapil VIII (Lampung Timur) juga akan jadi ajang pertarungan dua tokoh media. Yakni Noverisman Subing yang kini anggota Fraksi PKB DPRD Provinsi Lampung dan Ali Imron juga kini anggota Fraksi Golkar DPRD Lampung.

Masih sederet tokoh media massa yang dipastikan maju diantaranya mantan Ketua PWI Lampung H. Rio Teguh dan pengurus PWI Yan Bastari. Sementara itu dari kalangan akademisi diantaranya Rektor Universitas Malahayati, DR Moh. Khadafi maju lewat PKB dan Azari Ilyas, yang maju dari dapil VIII melalui PAN.

Terpisah, Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono menagatakan setelah partai politik mendaftakan bakal calon anggota legislatifnya, maka pihaknya segera melakukan verifikasi syarat pencalonan dan syarat calon.

"Untuk pendaftaran terakhir sampai Selasa pukul 24.00 WIB, kita tidak ada perpanjangan pendaftaran. Setelah itu kita cek yang paling utama adalah syarat pencalonan dan syarat calon," katanya kemarin.

Ia mengatakan sesuai PKPU 20 Tahun 2018 untuk syarat pencalonan yang wajib dipenuhi partai politik yaitu, diajukan oleh pimpinan parpol sesuai tingkatan, calon maksimal 100% dari kursi yang diperebutkan perdapil, keterwakilan perempuan 30% dengan sistem zipper per dapil.
"Kemudian calon harus menyetujui pakta integritas untuk tidak pernah menjadi mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan korupsi," katanya.

KPU Provinsi Lampung mempersilahkan kepada masyarakat atau publik untuk memberikan tanggapan mengenai bakal calon anggota legislatif yang maju dalam pemilihan umum (Pemilu) 2018 mendatang.

"Kita juga menerima masukan dari masyarakat untuk menilai
trackrecord bacaleg. Kalau ada bacaleg yang pernah menjadi koruptor, narkoba dan pelecehan seksual anak, maka bisa diganti calon tersebut oleh parpol yang bersangkutan," ujar Nanang.

Sesuai tahapan pemilu, setelah pengajuan daftar calon maka dilanjutkan verifikasi administrasi daftar calon. Kemudian pada 19-21 Juli 2018 penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi kepada parpol. Kemudian 22-31 Juli 2018 perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota serta pengajuan bakal calon pengganti.

Selanjutnya 1-7 Agustus 2018 verifikasi perbaikan daftar calon dan syarat calon. Tanggal 8-12 Agustus 2018 penyusunan dan penetapan DCS. Tanggal 12-14 Agustus 2018 pengumuman DCS dan presentase keterwakilan perempuan. Tanggal 12-21 Agustus 2018 masukan dan tanggapan masyarakat dan masih panjang tahapan lainya. (cah)

Bertebaran Wartawan Reviewed by abdinews com on Juli 17, 2018 Rating: 5 //Nanang Pastikan Coret Bacaleg Koruptor dan Narkoba// BANDARLAMPUNG – Sederet akademisi dan tokoh media massa memastikan maju di pemilu le...

Tidak ada komentar: