ACT Lampung Sukses Gelar Peringatan Hari Anak Nasional di Kampung Texas Pesawahan Teluk Betung - Abdinews.com

728x90 AdSpace

Trending
Senin, 23 Juli 2018

ACT Lampung Sukses Gelar Peringatan Hari Anak Nasional di Kampung Texas Pesawahan Teluk Betung

Bandarlampung - Matahari masih terik diatas perkampungan padat penduduk, tepatnya di RT 26 Lingkungan 2 Kelurahan Pesawahan Kec Teluk Betung Selatan, ratusan anak-anak ditemani orang tua antusias duduk diruang terbuka, tepat digang menuju deretan rumah tinggal mereka.

Di Kampung Texas ini relawan ACT Lampung yang tergabung dalam komunitas Ruang Sosial bersentuhan langsung dengan anak-anak yang setiap hari biasa mangkal di beberapa lampu Merah di Bandar Lampung.

Berbagai permainan edukatif seolah membuat lupa kalau panas masih terik walau hari semakin sore. Anak-anak antusias mengikuti lomba makan telur puyuh. Memang sangat sederhana, namun kebahagiaan terpancar dari wajah manis anak-anak itu.

"Kalau makan pakai tangan kanan ya adik-adik, sebelum makan cuci tangan dulu terus berdoa, ada yang hafal doa sebelum makan?," Arahan Kak Laila sembari memegang TOA kecil.

Menurut Laila, salah satu inisiator kegiatan, anak-anak tak hanya diajarkan bahagia namun ada edukasi yang secara pelan-pelan diajarkan, salah satunya adalah sikap mandiri dan disiplin. Selain itu, edukasi menjaga kebersihan benar-bebar ditekankan. Melihat perkampungan padat penduduk harus mempunyai pola higyn yang baik.

Kepedulian terhadap anak-anak terus ditumbuhkan di Komunitasnya, setelah melihat kondisi anak-anak di perkampungan pesisir seperti Kampung Texas, Ex Lokalisasi Panjang dan Kampung Gubuk Sero, dirinya berinisiatif berbuat dengan cara yang berbeda.

"Kalau yang lain biasanya membagikan makanan saja, kami ingin mengajak adik-adik semangat belajar dan bersekolah, kami senang di Kampung Texas ini 80-90% anak-anaknya sekolah, semoga bisa memutus mata rantai kemiskinan," ujarnya.

Selain permainan edukatif, anak-anak juga diberikan kesadaran agama dengan teatrikal sejarah Qurban. Menurut Kepala Program ACT Lampung, Dian Eka Darma Wahyuni, sebentar lagi akan ada perayaan IdulAdha, dimana setiap umat Islam diharapkan dapat berqurban baik kambing, sapi, unta maupun domba. Berqurban ini butuh niat yang kuat dan keikhlasan. Sehingga mulai dari anak-anak ini kesadaran itu ditumbuhkan.

"Tadi ada Relawan Ibu Yuni Karnelis yang menceritakan perjalanan nabi Ibrahim mendapat perintah dari Allah untuk menyembelih anaknya kemudian digantikan Domba, Alhamdulillah anak-anak Kampung Texas berani teatrikal," jelasnya.

Kegiatan ditutup dengan pembagian doorprice, anak-anak sangat gembira. (*).

ACT Lampung Sukses Gelar Peringatan Hari Anak Nasional di Kampung Texas Pesawahan Teluk Betung Reviewed by abdinews com on Juli 23, 2018 Rating: 5 Bandarlampung - Matahari masih terik diatas perkampungan padat penduduk, tepatnya di RT 26 Lingkungan 2 Kelurahan Pesawahan Kec Teluk Betung...

Tidak ada komentar: