Rabu, 14 Februari 2018

Embung Tirta Kesuma Wisata Alternatif Lampung Timur

Anak kecil bermain di wisata embung tirta kesuma

PURBOLINGGO- Kabag Humas Pemkab Lampung Timur Mujiono mengatakan, dalam dua tahun terakhir berbagai objek wisata banyak bermunculan pada sudut-sudut wilayah Bumei Tuwah Bepadan, salah satunya Lokasi Wisata Embung Tirta Kesuma di Desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur.

“Kendati masih dalam tahap proses pengerjaan dan baru selesai kurang lebih sekitar lima puluh persen dari master plan awal pengembangan. Embung Tirta Kesuma sudah menunjukan keelokannya sebagai tempat wisata,” kata Rabu (14/02).

Sebagai taman edukasi terbuka, Embung Tirta Kesuma juga menyuguhkan paket hiburan berupa berkeliling embung sepanjang kurang lebih 300 m dengan menggunakan perahu dayung,  di tambah lagi Paket Jungle Track untuk memberikan pengenalan keragaman hayati, serta gubuk gubuk baca bagi para penghobi literasi dan wahana panahan bagi mereka yang menyukai olahraga memanah.

Dalam kawasan Embung Tirta Kesuma juga menyediakan area untuk berselfie ria salah satunya yakni miniatur Menara Eiffel di tengah embung yang hanya dapat di jangkau dengan menggunakan perahu dayung bila ingin berselfie.

Direktur Badan Usaha Milik Desa Arta Jaya Kesuma sekaligus Pembina Kelompok Sadar Wisata Desa Tanjung Kesuma, Embung Tirta Kesuma,  Suyatno mengatakan, konsepnya sebagai kawasan edukasi, dan fungsi wisata merupakan konsep dasar dari taman terbuka.
"Makanya kami saat ini lebih cenderung mengajak komunitas komunitas untuk melakukan kegiatan disini, namanya literasi alam terbuka,” jelasnya.

Kawasan Wisata Embung Tirta Kesuma sendiri mempunyai luas wilayah kurang lebih 5 hektar yang terbagi dari kawasan air berupa embung dan kawasan darat berupa taman edukasi terbuka, jungle track dan wahana panahan.

“Pariwisata desa ini adalah berangkat dari program Bupati Lampung Timur, Chusnunia sekaligus kemauan dari masyarakat yang ingin mempunyai destinasi wisata. Untuk itu kami jemput bola dalam program ini dengan bergotong royong bersama Ibu Bupati,” tutur Sugiyanto selaku Kepala Desa Tanjung Kesuma.

Ditambahkan oleh Sugiyanto, untuk tempat pariwisata yang pertama dan utama adalah keamanan dan kenyamanan.

“Dan alhamduliilah sejauh ini disini untuk masalah keamanan sangat kondusif, artinya sangat mendukung untuk adanya sebagai tempat wisata,” tegasnya.

Terungkap bahwa sukses dan berjalannya dalam pengelolaan Taman Terbuka Edukasi Embung Tirta Kesuma saat ini adalah salah satunya berkat sinergitas yang baik antara masyarakat dengan BumDes Artha Jaya Kesuma dan Pokdarwis Desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo. (FR)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: